Battle Station Marketing

The Book Cover

The Book Cover

Ini adalah buku pertama saya. Saya menulis buku ini berdasarkan pengalaman yang saya peroleh dari 10 tahun berkarir di dunia marketing, digabungkan dengan latar belakang pendidikan saya di bidang IT dan Finance.

Secara garis besar buku ini berisi tentang strategy dan taktik memenangkan persaingan di lapangan (field), yang saya sebut sebagai battle station. Medan perang bagi seorang pemasar adalah di pasar-pasar, di grosir, di retailer, di toko-toko.

Beberapa topik menarik ada di dalamnya, diantaranya teory praktis tentang segmentasi pasar, territory mapping, value mapping, customers development, consumers development, investment management, serta information design untuk mendukung semua konsep yang ada di dalamnya.

Buku ini sangat berguna bagi anda yang saat ini menjabat sebagai Area manager, Regional Manager, maupun National Sales Manager. Saya biasa dengan bangga menyebut mereka ini sebagai Komandan Lapangan. Merekalah yang biasanya secara setia mengawal bisnis sebuah perusahaan dalam arti yang sesungguhnya. Kehidupan sehari-hari yang begitu pragmatis seringkali menjauhkan mereka dari pemikiran strategis. Karena alasan inilah seringkali mereka dianggap kalah penting dibandingkan dengan mereka yang berada di kantor pusat dan berkarir di Brand Managemen. Buku ini akan membantu mereka mengubah sudut pandang tersebut.

Saat ini buku ini masih menjadi koleksi pribadi saya dan belum diterbitkan. Mudah-mudahan suatu saat nanti saya bisa ketemu penerbit yang cocok untuk mempublikasikan karya saya ini.

7 Responses to “Battle Station Marketing”


  1. 1 adi November 25, 2008 at 11:50 pm

    Untuk dapatkan buku ini bagaimana ..?

    Please jawab ya …

  2. 2 hnw November 26, 2008 at 11:14 pm

    Maaf mas adi, buku ini baru saya print untuk pribadi. belum sempet nyari penerbit. maklum, saat ini saya masih di tinggal di Vietnam.

    kalau boleh tahu, apa yang membuat anda tertarik?
    Kirim ke personal e-mail saya aja di hnw@telkom.net

  3. 3 Yani February 14, 2009 at 8:15 pm

    Saya sangat ingin sekali membaca buku ini, karena saya bekerja di bagian trade, dan kondisi saat ini saya pikir memang company ditempat say bekerja harus bergerak cepat..mohon dibantu Ya Pak, atau summary-nya atau kisi-kisinya

    • 4 hnw March 20, 2009 at 10:51 pm

      Maaf baru sempet masuk ke blog dan baca comment anda. Saya baru liburan ke Indonesia selama 1 bulan dan gak sempat buka internet. seperti yang sudah saya sampaikan ke mas Adi juga, saya belum sempat cari penerbit. Tapi nanti saya coba posting beberapa konsep penting secara ringkas. Mudah-mudahan bermanfaat. Kebetulan juga saya kesulitan mengakses e-mail saya di telkomnet.

      Beberapa surat yang masuk lewat e-mail juga baru sempat di bales akhir-akhir ini. Untuk yang mau kontak, sebaiknya kirim ke e-mail ini aja hnw.saigon@gmail.com. Lebih mudah saya akses. INi sekaligus menjawab concern dari mas Daniel.

  4. 5 daniel March 16, 2009 at 3:15 pm

    Dapetin bukunya gimana?

    saat ini saya kerja di Sales & Distribution sebuha persh consumer good

  5. 6 sigit August 25, 2011 at 11:18 am

    Mas kapan buku ini terbit, saya penasaran dengan sudut pandang buku ini mengenai Peran team lapangan

  6. 7 Dina May 7, 2013 at 8:39 am

    maaf apakah buku ini sudah terbit?


Leave a Reply

